Berteman Tanpa Melibatkan Perasaan


“gak harus aku jawab sekarang kan?” atau “beri aku waktu dulu ya” 
Ok teman-teman,buat yang pernah “ditolak” mungkin kata-kata seperti itu pernah teman-teman dapatkan atau bahkan teman-teman yang malah memberikan jawaban seperti itu. Kali ini kita bahas soal cinta dan hubungan antara anak muda yang sedang jatuh cinta. Ok teman-teman, biar tidak melebar kita batasi dulu, cinta yang dimaksud disini adalah cinta kepada lawan jenis atau kita sebutkan saja hubungan istimewa selain sebagai teman. Eakhhhhh kita bahas yang baper-baper dulu gaess.hehehe merupakan sebuah anugrah yang datang dari Tuhan untuk semua manusia. pasti hampir seluruh manusia di muka bumi ini sudah pernah merasakan yang namanya cinta. cinta bisa diartikan bukan hanya pada pasangan lawan jenis saja, namun bisa cinta pada keluarga, cinta pada teman dan cinta pada anak. Namun biasanya hal yang paling mendalam di rasakan oleh para remaja adalah cinta pada pasangan lawan jenis. mendapatkan cinta sejati adalah keinginan semua insan yang ada di bumi. Termasuk kamu juga bukan.
Hal seperti itu memang susah untuk dideskripsikan, sebab masalah perasaan adalah masalah yang abstrak tapi akibatnya sangat nyata. Eitsss hahahaha masokhh barang tu. Heheh.  Ketika teman-teman memulai untuk berteman dengan orang-orang yang baru dengan dunia yang baru, tidak bisa dipungkiri bahwa teman-teman juga akan melibatkan perasaan teman-teman. Baik itu perasan sebagai teman perasaan suka terhadap lawan jenis dan perasaan-perasaan yang lain. Nahk, dalam posisi inilah semua hal sangat dimungkinkan untuk terjadi, termasuk untuk jatuh cinta dan kecewa. Jatuh cinta ketika lawan jenis kita itu seperti kriteria yang kita harapkan dan kecewa ketika semua yang terjadi tidak seperti yang kita harapkan. Seseorang yang jatuh cinta, merasakan bahwa dunia ini sangat indah sekali. Setiap harinya adalah musim semi dimana bunga bermekaran dan burung-burung berkicau sangat indah. Namun hal ini dapat menjadi berbalik jika ternyata cintanya ditolak. Dunia akan terasa suram, semua lagu sedih seperti mendukung kesedihannya dan merasa sendirian di dunia ini. Kedua hal diatas adalah persepsi yang timbul akibat perasaan cinta. Anak muda yang meratapi cinta yang ditolak adalah anak muda yang hidup di masa lalu. Hari ini yang paling keren adalah orang yang move on setelah ditolak. eakkkhh. Masih banyak pria atau wanita lain di dunia ini. Di daerah kamu saja, mungkin kamu tidak akan kehabisan pria atau wanita. Jika habis, cari di daerah lain, jika habis lagi, cari di negara lain, jika habis cari di planet lain  (upss bercanda hehehe) dan Jika kamu tidak menemukannya juga, carilah di dunia lain. Ups! Yang ini juga bercanda teman-teman. Yang terakhir jangan dilakukan karena yang ada pria atau wanita jejadian. Intinya adalah kita (cieee kita. Hahaha korban perasaan ni) itu pantang menyerah. Patah tumbuh – hilang berganti, Mati satu tumbuh seribu. Semangat para pejuang cinta. Hahaha
Dilema yang besar sebenarnya saat kita jatuh cinta. Sebab kemungkinan untuk bahagia dan kecewa akan terbuka lebar. Lantas, apa yang harus kita lakukan jika sudah jatuh cinta? Pendapat saya pribadi adalah sebelum teman-teman jatuh cinta adalah dengan membatasi diri dengan berteman tanpa melibatkan perasaan. Memang kita tidak tau kapan dan dimana serta kepada siapa kita akan jatuh cinta, tapi jika kita tekatkan dalam diri dan kita membatasi diri bahwa kita berkenalan dengan orang lain adalah untuk berteman, mungkin teman-teman akan sedikit jauh dari resiki kecewa atau sakit hati ketika cinta teman-teman ditolak. Namun ketika teman-teman sudah merasakan jatuh cinta yang mendalam kita juga tidak bisa menyalahkan. Sebab cinta itu memang misterius, datang diam-diam dan pergi dengan meninggalkan luka yang sangat sulit untuk diungkapkan dengan kata-kata. 
Kehadiran cinta memang tidak pernah salah, yang salah adalah kepada siapa kita menjatuhkan cinta tersebut. rasa cinta memang selalu membawa kebahagian, malah biasanya dari perasaan cinta itulah yang membuat dunia seakan hanya milik berdua. namun bagaimana jika kita salah menjatuhkan rasa cinta kita pada seseorang. Dalam hal ini kita ingin merelakannya jauh dari sisi kita, namun di sisi lain perasaan cinta pada nya seolah membuat kita sulit untuk melupakannya. Sungguh sesuatu yang sangat sulit kita putuskan. Tapi risiko terberatnya adalah cinta kita ditolak. 
Nah untuk teman-teman yang cintanya pernah ditolak, jangan kecewa atau berkecil hati. Teman-teman harus dapat berpikir positif.  Ketika akan melupakan seseorang, kita pasi akan memikirkan dampak yang akan terjadi jika kita jauh dari orang tersebut, dan memikirkan pula akan kehidupan kita selanjutnya. Apakah kita akan semakin terpuruk atau kita akan berhasil melupakan rasa cinta kita yang terlalu dalam tersebut. Seharusnya kita mengetahui bahwa konsep cinta di dalam psikologi adalah selalu berfikir positif mengenai semua hal yang menyangkut diri kita, dan juga menyangkut hubungan kita dengan si dia. Yakinlah bahwa kita sanggup untuk melupakan dia tanpa terjadi apa-apa pada diri kita. Jika teman-teman sudah berpikir positif teman-teman juga bisa melakukan suatu kegiatan atau menyibukan diri sendiri melalui kegiatan-kegiatan yang positif. Menyibukan diri dengan berbagai aktivitas juga dapat membantu kamu dalam melupakan cinta yang terlalu dalam. Dengan menyibukan diri kita, sehingga akan mengurangi diri kita untuk diam termenung, nah biasanya dalam hal ini kita akan semakin mengingat dia. Dan malah nantinya semakin sulit melupakan dia. Kamu juga dapat mencari cara menguatkan mental diri sendiri agar cepat melupakan dia. So, jangan galau teman-teman, saatnya move on ya walaupun sulit. (Eakhhh curhat dia). Teman-teman juga harus berani menerima kenyataan. Meski kenyataan terkadang tidak seindah yang diharapkan, namun itulah cara menguatkan mental pada diri sendiri. Dalam hal ini juga kita harus menyadari dan menerima kenyataan bahwa kita harus segera melupakan dia. Apapun yang terjadi ambilah sedikit resiko agar secepatnya kita bisa melupakan perasaan cinta kita yang terlalu dalam. Nah, untuk yang terakhir adalah teman teman harus bisa membuka lembaran baru. 
Terkadang saat kita mencintai seseorang hal yang paling sering kita lakukan adalah menyimpan perasaan tersebut. Padahal inilah yang salah dan malah akan semakin membuat kita sulit melupakan perasaan cinta kita. Maka dari itu sebiaknya kita membuka setiap lembaran baru yang ada di dalam diri kita. Menjadi pribadi yang lebih baik lagi, agar secepatnya bisa melupakan dia. (Eakhhh penalaman pribadi ini kayaknya. Ahahahha)
Selain itu jangan menyalahkan dirimu sendiri jika kamu ditolak oleh. Belum tentu masalahnya ada padamu, bisa jadi memang pria atau wanita yang kamu tembak itu tidak menginginkan untuk menjalin hubungan dulu, tidak ada rasa padamu dan lain sebagainya. Ingat teman-teman khususnya para pria bahwa , wanita memutuskan sesuatu menggunakan perasaan. Belum tentu pertimbangannya berhubungan dengan pribadimu, kecuali kamu memang punya tampang dibawah rata-rata dari yang paling rata-rata. (Opsss maen fisik dia), bercanda teman-teman. Tapi kita harus jujur juga bahwa fisik juga menjadi salah satu penentu cinta teman-teman itu diterima atau ditolak. Tapi itu bisa juga tidak menjadi pertimbangan sebab Banyak kok wanita yang cantik memiliki pasangan yang biasa-biasa saja bahkan cenderung dibawah standar. Atau para pria memilih wanita yang secara fisik biasa-biasa saja. Cinta itu kan buta. hehehe
Sisi positif dari cinta yang ditolak itu banyak (terkhusus untuk para pria). Kamu mungkin bisa menggunakannya untuk instropeksi caramu mendekati wanita, mendapatkan pelajaran tentang jenis wanita dan emosinya, serta mungkin saja wanita itu nanti malah membawa masalah padamu dan ketika Tuhan sayang padamu ia menggerakkan hati wanita itu supaya menolakmu. Dengan ini Tuhan menghindarkan masalah yang mungkin nanti akan kamu jalani. Nah, berpikir positif lebih nyaman, kan? Dan mulai saat ini mari Berteman Tanpa Melibatkan Perasaan. Semangat para pejuang cinta. hahahahaha
Tulisan : 
Bung Rico Nainggolan

Posting Komentar

0 Komentar