Dali Ni Horbo, Keju Batak tanpa bahan kimia

Berkunjung ke Sumatera Utara tak lengkap rasanya jika tak pernah mencicipi kuliner khas Batak Toba, yang mirip dengan olahan Cheddar dari Eropa. Namanya Dali Ni Horbo. Bentuknya bulat, pipih, putih, mirip seperti tahu. Tapi aroma dan rasanya benar-benar membuktikan bahwa makanan ini murni terbuat dari air susu kerbau. Berasal dari daerah Tapanuli, makanan yang menjadi bentuk kearifan lokal ini tidak sembarang diolah dan punya aturan mainnya sendiri. Lha, kok bisa?

                                             

Sumber Foto : Indonesia.go.id

Dalam Bahasa Batak sendiri, “Dali” dan “Bagot” berarti Susu, sementara“Horbo” berarti Kerbau, sehingga keduanya berarti Susu Kerbau. Menariknya, semua peralatan yang digunakan untuk mengolah makanan ini adalah peralatan tradisional, tanpa campuran pewarna atau penyedap rasa buatan. Tentunya dapat dimakan langsung, ataupun diolah dengan bumbu arsik, dua duanya sama-sama sedap. 

Lantas, bagaimana proses pembuatan tahap awal kuliner ini?

Mengolahnya diawali dengan mempersiapkan semua peralatan memasak yang bersih dan steril, jangan sampai ada kandungan minyak ataupun tercemar oleh sedikit saja kotoran, maka pengolahan akan gagal. Setelah panci steril diletakkan di atas kompor, maka kita dapat menuangkan susu kerbau dengan perlahan dan merebusnya dengan api sedang sekitar sepuluh hingga lima belas menit. Setelah itu, kecilkan api dan air nanas untuk proses pengentalan. Kemudian, tuangkan air perasan daun pepaya secukupnya tetap dengan kompor yang menyala. Setelah cukup mengental, angkat dandang dari api dan tuangkan ke wadah steril dan diamkan hingga mendingin.

Bagaimana? Menarik bukan? Yuk, dicoba. Barangkali, kamu ketagihan menjadikannya produk bisnis kuliner hingga kancah internasional. 



Posting Komentar

0 Komentar