Jual Buku Kuli


Judul: Kuli
Penulis: M.H. Szèkely-Lulofs
Penerjemah: A. Ikram
Ukuran: 13 x 19 cm
Berat: 250 gram
Halaman: 228 halaman
Harga: Rp.75.000,- 

KULI adalah karya M.H. Szèkely-Lulofs, seorang penulis di masa Hindia Belanda, yang menceritakan tentang para kuli perkebunan karet di Tanah Deli. Ruki, seorang laki-laki remaja dari tanah Jawa, yang tergoda oleh cerita seorang Betawi tentang Tanah Deli yang katanya ada pohon emas, wanita, judi, dll, yang sebenarnya hanya jebakan agar bisa diangkut ke Tanah Deli untuk dijadikan kuli perkebunan. 
Sesampai di Tanah Deli, Ruki bertemu dengan kuli-kuli lainnya dengan berbagai macam kisah yang mereka hadapi. Mereka sangat takut jika sudah berhadapan dengan Tuan Besar, tuan kulit putih, yang kerjanya memaki para kuli. Bagaimana dengan kisah para kuli perempuan? Ada kisah kuli perempuan yang beruntung karena menjadi nyai, ada juga yang menjadi rebutan antara kuli Jawa dan Cina hingga terjadi pembunuhan, dan kisah lainnya yang sangat menarik jika dibahas secara feminisme. 
Selain perempuan yang menjadi penyebab kuli bermasalah, perjudian pun tak kalah hebat bisa membuat kuli hanya tinggal celana pendek saja. Bagaimana kisah Ruki dan kuli lainnya di novel ini? Apakah mereka akan kembali ke Jawa dengan membawa uang yang banyak dan juga wanita? Atau justru akan berakhir mati di Tanah Deli?

Bisa dibeli di Tokopedia, Gratis Ongkir

Posting Komentar

0 Komentar