[𝗡𝗢𝗡𝗧𝗢𝗡 𝗕𝗔𝗥𝗘𝗡𝗚 𝗙𝗜𝗟𝗠 𝗗𝗔𝗡 𝗗𝗜𝗦𝗞𝗨𝗦𝗜] DAIRI DIANCAM TAMBANG


Dairi Prima Mineral, sebuah perusahaan patungan milik Keluarga Bakrie yang problematik, dan NFC (Perusahaan milik negara Tiongkok. DPM telah melakukan eksplorasi dan sejak 2018 telah mengantongi izin operasi produksi pertambangan bijih seng, dan timah hitam di Dairi, Sumatera Utara.

DPM yang memegang Kontrak Karya sejak 1998 telah merampas ruang hidup masyarakat Dairi, dan mengubah orientasi pemilikan tanah komunal menjadi individual. Ditambah dengan tertutupnya informasi publik dalam kegiatan bisnis DPM, menjadi wujud betapa pemerintah bersama perusahaan tidak menerapkan tata penyelenggaran pemerintahan yang baik.

Warga Dairi yang telah mengalami perampasan ruang hidup, harus khawatir pula akan risiko bencana yang sangat mungkin diakibatkan kegiatan penambangan. Ada bukti dan analisis mendalam terkait tingginya risiko dari operasi tambang tersebut. Para ahli seismik juga menyatakan terkait risiko tinggi rencana tambang pada salah satu daerah paling rawan gempa di dunia.

Bendungan tailing yang diusulkan sebagai penampung limbah beracun yang berada di atas kompleks patahan, menjadi rawan gempa sehingga membuat tanah khususnya daerah tersebut tidak stabil. Akibatnya potensi racun dan limbah tersebut berdampak dan sangat mengancam ke dusun masyarakat setempat.

Adanya perampasan ruang hidup, dan mengakibatkan kerusakan lingkungan menjadi alasan yang kuat bagi warga dairi untuk mendukung pembatalan proyek PT DPM. Proyek yang tidak memenuhi standar lingkungan dan keselamatan Internasional akan membahayakan keselamatan masyarakat dan ekosistem. 

Beranjak dari hal tersebut 𝗗𝗣𝗞 𝗚𝗠𝗡𝗜 𝗙𝗛 𝗨𝗦𝗨 𝗱𝗮𝗻 𝗔𝗞𝗦𝗜 𝗞𝗔𝗠𝗜𝗦𝗔𝗡 𝗠𝗘𝗗𝗔𝗡 mengadakan Nonton Bareng sambil Diskusi sebagai upaya untuk mengkritisi, sekaligus mendiskusikan upaya yang dapat kita lakukan untuk mencegah terjadinya perampasan ruang hidup tersebut. 

Diskusi dan Nonton Film akan dilaksanakan pada:
🗓️Kamis, 4 Agustus 2022
🕐Pukul 19.00 Wib
📍Literacy Coffee, Jl. Jati II, Teladan Tim., Kec. Medan Kota, Kota Medan, Sumatera Utara 20217

#TolakDPM #DairiTolakTambang #TambangBukanSolusi #ladangrakyatbukantambangDPM

Posting Komentar

0 Komentar