Diskusi " Mencari Pulang Pustaha"

Horas
Mejuah
Njuah-njuah
Ahoi

Salam literasi untuk kawan-kawan semua. Hari kedua diskusi Bincang Santai Seputar Pustaha #2 MARNONANG Mari Nongkrong Bareng di @literacycoffee team ARUS BALIK kembali mengajak kawan-kawan semua untuk berbagi pengetahuan baku bincang tentang artefak dan usaha restitusi / repatriasi. Kita punya banyak artefak dan benda cagar budaya yang tersimpan di segala penjuru dunia, museum-museum dan kolektor. Manuskrip kuno atau pustaha dari komunitas budaya di Sumatera Utara yang beraksara dan berbahasa Toba, Karo, Simalungun, Mandailing, Pakpak juga merupakan koleksi yang sekarang ini banyak berada di luar negeri. Diskusi ini akan menilik bagaimana upaya merespon pustaha sebagai suatu artefak yang seharusnya berada di tempatnya berasal.
 
Tema bincang santai hari kedua: 
"Mencari Jalan Pulang Pustaha "

Pemantik diskusi:
Sesi 1 “Artefak & Provenance Research” oleh Henry Thomas Simarmata

Henry Simarmata adalah seorang pegiat dan pendiri KERAD (Kerja Riset Analisis Driyarkara) yang aktif mengembangkan filsafat nusantara dan filsafat sistematis, terlibat dalam V20 (Value 20), Juli-Oktober 2022, dengan laporan mengenai komunitas-komunitas di Nusantara. Henry Thomas Simarmata juga aktif dalam komunitas aksara nusantara (rumpun Jawa, Sumatera, Sulawesi), pengembangan anotasi dan analisis naskah (naskah Jawa Kuna dan Kawi) dan di Sanggar Sastra Jawa Yogyakarta (SSJY). Terlibat dalam Seri Belajar Bersama tentang kajian restitusi artefak, manuskrip, pustaha di Lifepatch. 

Sebagai Apintlaw (Associated Program for International Law, https://apintlaw.info) sedang membangun pengakuan untuk Sea Nomads Asia Tenggara (Bajau, Sama Bajau, Bajo, Suku Laut, Moken).

Sesi 2 “Dekolonisasi & Aktivasi Pengetahuan” oleh Theo Frids Marulitua Hutabarat 

Theo Frids Marulitua Hutabarat adalah seniman Indonesia yang tinggal di Bandung. Menyandang gelar Master di bidang Seni Rupa dari Institut Teknologi Bandung dan telah berpameran secara internasional. Theo adalah fellow dari Atelier KITLV tahun 2022. Theo juga menjabat sebagai dosen tetap di Program Seni Terpadu, Universitas Katolik Parahyangan, Bandung

Kegiatan diskusi ini akan dilaksanakan:
@literacycoffee Medan 
Jl. Jati II, Teladan Tim., Kota Medan, Sumatera Utara.
Pada Rabu, 17 Mei 2023 pukul 19.00 - 22.00 WIB.

Acara ini bersifat terbuka untuk umum dan semua kalangan.  
Terima kasih, Mauliate, Tarimo Kasih, Lias Ate, Diatetupa, Bujur. 
Info terkait bisa dipantau melalui akun instagram 
@literacycoffee
@lfptch
@kawanpustaha

Mari bersama hidupkan lagi pengetahuan pustaha.

#arusbalik
#kalaubukankitayabukansiapasiapa
#pustahabudayakita
#pustahahartakita
#pustahapengetahuankita

Posting Komentar

0 Komentar