Viral Warung Tuak Br.Manulang Di Tutup Paksa FPI, Ini Minuman Mirip Tuak Di Dearah Lain


 Tuak adalah minuman yang selalu ada di di acara adat suku batak, di warung (Lapo) Tuak, dan juga sebagai kawan enak di kala santai sambil mengobrol, Tuak tersebar di hampir seluruh indonesia.
  Bahkan Baru-Baru ini ada video viral tentang kelompok ormas yang menamakan FPI yang mensweeping warung tuak di dearah Deliserdang, Saya tidak akan membahas soal itu, Disini lebih enak membahas tuaknya, jadi minuman sejenis tuak ini juga ada di dearah lain, ini dia nama-namanya :

1. BALLO
    Ballo terbuat dari pohon nipa, bisa juga dibuat dari pohon lontar atau beras, minuman ini berasal dari sulawesi selatan, kadar alkoholnya mirip tuak.

2. SOPI 
    Sopi berasal dari flores, dibuat dari fermentasi enau atau aren, proses pembuatannya memakan waktu yang cukup lama, sopi bagi masyarakat flores sebagai simbol kebersamaan.

3. ARAK BALI 
   Minuman ini biasanya dipakai untuk acara adat atau ritual tertentu, sama seperti yang lain, minuman yang berasal dari Bali ini bertujuan untuk menjalin keakraban.

4. SWANSRAI 
    Swansrai minuman khas masyarakat papua ini, banyak dijumpai di dearah biak, minuman ini terbuat dari fermentasi air kelapa tua.

 Jadi itu dia, mungkin banyak juga di dearah lain, minuman serupa dengan nama yang berbeda.
 Pesan saya lagi, kalau gak bisa kita kasih makan orang, janganlah kita kita menghalangi sumber mencari makannya, damai-damailah kita hidup didunia ini, ayuk angkat gelasmu kawan, santai saja, gak usah goyang kali.


Penulis : Martin Sinurat (Tidak bagian dari Ormas Manapun )

Posting Komentar

0 Komentar