Movie Screening "NOVUM" di Medan




Adalah Novum, sebuah film dokumenter yang mengisahkan sisi kebobrokan hukum di Indonesia, ditayangkan serentak pada 24 Juni 2019 di Medan. Sebagai upaya peringatan Hari Internasional Mendukung Korban Penyiksaan, SIKAP (Aliansi Masyarakat Sipil Anti Penyiksaan) menggelar sebuah film bergenre dokumenter, yang kisahnya menceritakan perjuangan meruntuhkan ketidakadilan yang dialami oleh Yusman Telaumbanua, remaja asal Nias yang divonis mati karena pembunuhan berencana bersama kakak iparnya, Rusula Hia. 
Lokasi pemutaran film diantaranya Kantor Kontras Sumut, Circle Concordia Coffee (C3), Sekretariat GM Pekat-IB, dan Literacy Coffee. Pemutaran film tersebut menghadirkan berbagai kalangan aktivis, akademisi, serta mahasiswa. Film yang diproduksi oleh KontraS ini menyuguhkan beberapa kesaksian Ucok, berikut panggilan Yusman, yang menceritakan bahwa ia sempat dipukuli dan dipaksa mengakui dirinya berusia 19 tahun padahal usia sebenarnya adalah 16 tahun. 
Di Literacy Coffee, pemutaran film juga disertai oleh diskusi yang menghadirkan Barita Lumbantoruan dari LBH Medan dan Quadi Azan, koordinator SIKAP.  Salah satu mahasiswa yang hadir dalam diskusi, sempat bertanya terkait sikap apa yang dilakukan apabila mengalami kejanggalan hukum dan kemana mengadukannya apalagi sering kali aparat penegak hukum sendirilah yang melanggar peraturan hukum yang jelas sudah termaktub. Barita, selaku narasumber menghimbau agar korban harus berani berbicara apabila mendapatkan upaya kekerasan dan ketidakadilan dari penegak hukum. 







Posting Komentar

0 Komentar