Islam Transitif : Koleksi Baru di Literacy Coffee

Ansari Yamamah mempersembahkan buku Islam Transitif : Filsafat Milenial kepada insan akademik, pemegang kebijakan publik, cerdik cendekia, dan masyarakat luas agar dapat memahami Islam sebagai sebuah ajaran yang memberikan perhatian besar terhadap gerakan berproduksi yang diawali dengan semangat pengembangan ilmu pengetahuan, sains dan teknologi melalui penelitian, penemuan, kreativitas, imajinasi dan inovasi perangkat kehidupan yang pada gilirannya melahirkan peradaban yang rahmatan lil'alamin.

Penerapan Islam Transitif ini mengkaji aspek-aspek pokok persoalan kehidupan sosial melalui refleksi kefilsafatan sehingga dapat memberikan solusi alternatif. Ada dua parameter yang digunakan, yakni Al-Quran dan Hadis, dengan menggunakan akal gerak berkontemplasi, menderteminasi, menjustifikasi sekaligus memperoleh nilai optimal dalam teks atau ayat-ayat Al-Quran dan Hadis.

Buku ini menawarkan bentuk pemikiran akal gerak mengkaji dan menemukan nilai-nilai mashlahat dalam berbagai dimensi kehidupan sosial budaya. Ide dan gagasan Islam Transitif ini sebelumnya telah diseminarkan oleh Mahasiswa Komisariat HMI Fakultas Syariah dan Hukum UIN-SU, di kalangan mahasiswa penulis di program pascasarjana UIN-SU, dipresentasikan dalam orasi ilmiah pada acara wisuda UIN-SU ke-69 November 2018, dan telah dipaparkan dihadapan guru besar dan para doktor dalam acara silaturahmi dosen dan pegawai Fakultas Ushuluddin UIN-SU.

Posting Komentar

0 Komentar