Saint Gabryells : Band Indie Medan Kampanyekan Nilai Feminisme


Komunitas Perempuan Hari Ini sejak 2017 telah aktif menjadi wadah perempuan yang belajar dan bergerak aktif mempelajari kesetaraan gender dan penerapannya didalam kehidupan masyarakat Indonesia yang tentunya dikuasai sistem patriarki. Tidak mudah menyampaikan sebuah ideologi dan pandangan, terutama bila dianggap bertentangan dengan nilai nilai yang selama ini diyakini benar dan mutlak. Akan tetapi, masyarakat terutama kaum perempuan tidak akan sadar bahwa perjuangan feminisme bukanlah sebagai sesuatu hal yang baru di Indonesia. Sebelum era kemerdekaan, bahkan Surat Kabar Perempoean Bergerak dan Soeara Iboe telah menjadi langkah maju apalagi akses yang terbatas kala itu. Dengan adanya jejak sejarah tersebut, maka perempuan diharapkan tidak menghentikan langkahnya untuk melanjutkan perjuangan bersama dalam mencapai kesetaraan di setiap akses. 

Komunitas Perempuan Hari Ini baru baru ini berinisiatif mengambil langkah membentuk sebuah band indie bernama Saint Gabryells yang personilnya adalah Gaby dan Luhut. Dimana didalamnya lagu lagu yang mereka bawakan adalah ciptaan Lusty Ro Manna Malau, pendiri komunitas Perempuan Hari Ini. 

Lagu lagu yang dituliskan dikisahkan dari berbagai sumber kisah dan hasil pengalaman berinteraksi dengan perempuan yang mengalami berbagai tantangan dan ujian hidup yang dimana semakin berat solusinya karena sistem patriarki yang terlalu idealis bagi sebagian penegak hukum. 

Lagu-lagu yang mereka ciptakan diantaranya Perempuan Penakluk, Aku Sayang Ibu, Jaga Alam Jaga Puan, Senandika, Kita Feminis. Lagu lagu ini rencananya akan terbit dan melalui proses rekaman setelah biaya terkumpul melalui sumber kolektif agar perjuangan pun semakin nyata dan terang. Selamat mendengarkan !

Posting Komentar

0 Komentar